Tips Membuat Konten Menarik bagi Pebisnis di Instagram

      Comments Off on Tips Membuat Konten Menarik bagi Pebisnis di Instagram

Tips Membuat Konten Menarik bagi Pebisnis di Instagram  –  Pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, untuk berbisnis juga harus dilakukan dengan berbagai strategi. Tujuannya tak lain untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dari berbisnis online di media sosial ini. Salah satu kuncinya adalah dengan mengunggah konten yang menarik. Seperti apa konten yang menarik?

Trainer dari Girls in Tech, Tasya Melawati, menyampaikan sejumlah tips untuk membuat konten yang menarik di Instagram. Hal itu disampaikannya saat mengisi workshop “Womenpreneur Digital Acceleration” yang diadakan Girls In Tech berkolaborasi dengan Facebook dan Perempuan Punya Karya, Sabtu (28/7/2018), di Yogyakarta.

Tips Membuat Konten Menarik bagi Pebisnis di Instagram

Tips Membuat Konten Menarik bagi Pebisnis di Instagram

“Tips untuk reach lebih banyak followers, harus kontennya bagus sih. Jadi biasanya untuk bikin ya yang baik,” ujar Tasya.

1.  Buat editorial plan atau kalender editorial. Para pengguna akun profil bisnis disarankan untuk menyusun secara jelas hari dan waktu unggah produk atau jasa yang ditawarkannya.

Misalnya, pengguna akan mengunggah pada hari apa dan pukul berapa. Hal ini dianggap penting karena pada jam-jam tertentu, jumlah reach dan impression suatu unggahan akan lebih tinggi.

2.  Hashtag tanda pagar atau hashtag berperan penting dalam menarik audiens untuk suatu unggahan. Minimal ada dua hashtag yang digunakan, yakni branded hashtag dan hashtag populer.

Dibutuhkan sebuah konsistensi saat membuat hashtag, tapi tidak menutup kemungkinan untuk menambah hashtag tersebut.

3.  Jangan terlalu lama dalam membuat video untuk instastory, usahakan tidak dalam durasi yang terlalu lama. Pada tiga detik awal harus sudah menunjukkan sesuatu yang menarik sehingga langsung mencuri perhatian pengikut.

Selain itu dalam workshop ini juga disarankan untuk mengubah akun Instagram menjadi Instagram Business Profile. Dengan model profil ini, pengguna dapat melihat insight, dimana terdapat informasi dari jumlah followers, range usia followers, dan dapat melakukan promosi.

Insight yang berisi informasi mengenai jenis kelamin, usia dan lokasi. Fitur dapat dilihat oleh akun dengan followers lebih dari 100. Manfaat yang lain adalah pengguna Instagram Business Profile dapat menambahkan lokasi toko offline yang disertai maps.

“Manfaatnya salah satu menjangkau lebih banyak audiens. Kamu udah bisa ngasih tau kontak, website, jenis bisnisnya, sama lokasi toko offline. Ini bisa diedit, misal kontaknya ganti atau lokasi ganti, itu bisa diedit lagi,” ujar Tasya.

sumber : kompas.com